SEKILAS INFO
: - Wednesday, 21-10-2020
  • 5 bulan yang lalu / Pengumuman Kelulusan Kelas XII SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tgl. 2 Mei 2020 Melalui Website ini dan Whats Group. Pukul 14.00 WIB.
  • 6 bulan yang lalu / Masa pelaksanaan proses belajar mandiri di rumah masing-masing melalui pembelajaran daring (online) diperpanjang sampai dengan tanggal 29 Mei 2020 dan dievaluasi kemudian sesuai kebutuhan.
  • 6 bulan yang lalu / Physical Distancing, Cara Terbaik Mencegah Penularan Corona Covid-19
Gaya Belajar Mana Yang Anda Sukai ?

Pemelajaran (Proses Belajar) adalah proses siklus yang kumulatif, yang terus menerus membarui pengetahuan dengan menambahkan berbagai hal baru ke perbendaharaan pengetahuannya. Hal itu dilakukan untuk mengubah perilaku dan dengan demikian membuatnya dapat merasa lebih baik. Pemelajaran merupakan proses perubahan pribadi yang berkesinambungan. Untuk mencapai pemelajaran optimal, orang harus mempunyai kesempatan untuk melakukan berbagai hal.

Sikap dan perilaku orang menentukan format pemelajaran yang mereka sukai. Setiap Orang Berbeda atau Unik, Peter Honey dan Alan Mumford (1992) membedakan empat metode atau gaya belajar orang yaitu :

  1. Pribadi aktif ⇒ Pribadi aktif sepenuhnya menyeerahkan diri kepada pengalaman baru, dan berpikiran luas serta antusias dalam hal baru. Ia mempunyai kecenderungan bertindak dulu dan kemudian baru memikirkan konsekwensinya. Bergairah di awal. begitu sebuah kegiatan sirna, ia langsung mencari hal baru. Penerapan dan konsolidasi cepat membuatnya bosan. Ia terus menerus berhubungan dengan yang lain, sambil memastikan bahwa ia tetap menjadi pusat kegiatan.

  2. Pemikir ⇒ Pemikir bersedia menjaga jarak untuk mengamati dari sudut yang berbeda. Ia mengumpulkan data dari pengalamannya dan hal-hal yang sudah terjadi, dengan teliti memikirkannya, dan selama mungkin menunda menarik kesimpulan yang tegas. Ia dengan hati-hati mempertimbangkan semua sudut dan implikasi yang ada sebelum bertindak. Ia suka mempelajari semua konsekuensi yang mungkin terjadi sebelum bertindak. Ia lebih suka tetap berada di latar belakang sepanjang pertemuan dan pembahasan serta suka mengamati orang lain bekerja. Ia biasanya menjaga jarak, toleran, dan tidak menarik perhatian dalam kelompok.

  3. Ahli Teori ⇒ Ahli teori menyesuaikan pengamatannya dan menggabungkannya ke dalam teori logis. Ia suka menganalisis dan memuja prinsip, teori, model, dan pemikiran sistematis. Ia memecahkan permasalahan langkah demi langkah dengan logika yang konsisten. Ia sering bertanya, “Apa hubungan ini dengan itu?” dan “Dari mana kamu menentukannya?” Ia tidak menyukai subjektivitas dan kerancuan serta lebih menyukai kepastian tertinggi. Ia cenderung menjadi perfeksionis dalam membereskan urusannya.

  4. Pribadi Pragmatis ⇒ Pribadi pragmatiis selalu ingin mencoba gagasan, teori, dan teknik untuk melihat kepraktisannya. Ia praktis dan logis, dan suka membuat keputusan serta memecahkan masalah. Pembahasan yang tak kunjung usai membuatnya gelisah. Ia bersifat Praktis dan sangat rasional. Ia melihat permasalahan dan peluang sebagai tantangan. Semboyannya adalah: “Jika saja cara ini berhasil”, dan “Pasti selalu ada cara yang lebih baik”. Seorang pragmatis kebanyakan belajar dari kegiatan yang mempunyai manfaat praktis dan sedikit teori.

Setiap gaya belajar mempunyai sisi kuat dan lemah, dan beberapa tidak saling berhubungan dengan baik. Ahli teori adalah lawan pribadi pragmatis. Sebagai contoh, ahli teori tertarik pada model, konsep, dan teori, sedangkan sang pragmatis bersemangat mencoba untuk melihat tingkat ke praktisannya.

Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui ciri masing-masing gaya belajar yang paling sesuai untuk membantu meningkatkan kemampuan belajarnya.

Untuk membantu anda menemukan gaya belajar anda, jawablah pertanyaan di bawah ini.

 

Ketika Anda akan membeli satu set DVD baru, apa yang ingin anda lakukan ?

  1. Biarkan DVD itu di bungkus dan sampai dirumah di coba sendiri. Dan setelah itu anda mengetahui cara kerjanya. Anda tidak ada punya waktu untuk mempelajari buku  instruksi manual yang anda anggap terlalu rumit.

  2. Meminta sang wiraniaga untuk mendemonstrasikannya secara lengkap dan anda juga mencoba  mengoperasikannya sendiri sebelum membelinya. Ketika anda memasang dan mengoperasikan peralatan tersebut, buku manual instruksinya ada di sebelah anda.

  3. Sebelum menggunakannya, Anda mengambil buku manual instruksinya yang bertuliskan “baca ini dulu” dan dengan saksama membaca instruksi serta petunjuknya.

  4. Anda melihat beberapa persamaan antara DVD baru dan pendahulunya yang anda kenali. Sekarang anda dapat memusatkan perhatian pada unsur-unsur yang baru, mencoba mencari tahu cara kerjanya dan kemudian bereksperimen dengannya. Sesudahnya  anda akan membaca manualnya untuk memeriksa  apakah anda benar

 

Jika Anda Menjawab :

  1. Anda adalah Pribadi aktif,
  2. Anda adalah Pemikir
  3. Anda adalah Ahli Teori
  4. Anda adalah Pribadi Pragmatis

Semoga Bermanfaat

Sumber Total Performance Scorecard Dr. Hubert K. Rampersad PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2006

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Sekolah

SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

NPSN : 10211794

JALAN SANGNAUALUH
KEC. SIANTAR TIMUR
KAB. KOTA PEMATANGSIANTAR
PROV. SUMATERA UTARA
KODE POS 21151
TELEPON 0622 7550562
FAX 0622 7550562
EMAIL info@smknegeri2pematangsiantar.sch.id

Maps Sekolah