
Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang ketercapaian
kurikulum yang menjadi target pembelajaran. Pelaksanaan penilaian ini dapat
dilakukan dengan menggunakan berbagai bentuk penilaian sesuai dengan kompetensi
mata pelajaran yang akan diukur ketercapaiannya. Bentuk penilaian di kelas yang telah
dikenal, antara lain tes tertulis, tes lisan, dan penilaian kinerja. Penilaian kinerja
merupakan salah satu bentuk penilaian yang perlu ditingkatkan penggunaannya di
kelas.
Buku ini disusun secara praktis sebagai salah satu panduan bagi pendidik dalam
melakukan penilaian kinerja. Buku ini merupakan pengembangan dari buku yang
pernah diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Pada buku ini disajikan contohcontoh soal atau tugas untuk penilaian kinerja. Contoh-contoh tersebut diharapkan
memberi wawasan, inspirasi kepada pendidik bagaimana penilaian kinerja bermanfaat
tidak hanya untuk menilai kompetensi yang sesuai tetapi juga dapat mendorong
berpikir tingkat tinggi.